Senin, 16 Maret 2009

Reog Ponorogo

Saat ini upaya melestarikan budaya leluhur yang memiliki nilai-nilai hakiki seperti budaya Reog Ponorogo hingga kini terus ditumbuh kembangkan dalam berbagai perhelatan.Setiap tahun tatkala memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu ada pawai pembangunan melintas di jalan utama kota Ponorogo berupa atraksi iring-iringan Reog Ponorogo.

Pun ketika era tahun 70 an pawai pembangunan di kota hidup sehat dengan reiki pun yaitu kota Solo juga menyuguhkan atraksi Reog Ponorogo yang kelompok kesenian itu didatangkan langsung dari Ponorogo. Iring-iringan pawai ini melintas Jalan Slamet Riyadi yang dimulai dari Lapangan Kota Barat dan berakhir di Alun-alun Lor. Dalam pawai itu Reog Ponorogo mengawali parade pawai. Kelompok kesenian reog satunya lagi menutup pawai di akhir devile. Nah atraksi Reog Ponorogo inilah selalu menampilkan figur Warok dan Bujang Ganong dalam atraksinya.

Figur pelaku Reog Ponorogo, saya sebut Warog adalah orang yang disebut pemimpin, guru, ksatria dalam kehidupan sesungguhnya masih relevan dengan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Warok bukanlah orang yang takabur tetapi orang yang mempunyai tekad suci, siap memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih seperti dalam upacara perhelatan pernikahan. Pada upacara perayaan pernikahan Warog melambangkan penuntun dalam kebajikan bagi dua insan yang telah sepakat menyatukan diri , sepikiran dalam mengarungi bahtera kehidupan yang sesungguhnya. Selain Warog dalam upacara perhelatan pernikahan ada figur Bujang Ganong atau Patih merupakan sosok yang memiliki tugas sebagai Dampu Lawang atau Benteng Negara yang bertugas menjaga dan menggempur musuh. Maka ketika Raja dan Ratu sehari ini telah sampai dalam singgasananya, Bujang Ganong inipun bersukacita.Guna melestarikan budaya leluhur yang berkembang turun temurun dan menjadi satu penyangga kehidupan masyarakat di Kabupaten Ponorogo, pemerintah daerah memprogamkan budaya ini dalam kurikulum sekolah sejak sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama hinga sekolah lanjutan tingkat atas.

Nah mari hidup sehat dengan reiki ajak Anda semua berkunjung ke Ponorogo, sebuah kabupaten yang terletak di kaki Gunung Wilis. Akses ke kota sini mudah dicapai kok? Bisa dari Madiun, Pacitan, Trenggalek dan Wonogiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar